[Movie Review] Black Mirror : Bandersnatch

Wah senangnya sudah masuk ke tahun yang baru, semoga apa kita semua diberikan kelancaran dan kebaikan yang lebih di tahun 2019 ini, amin.

Paling pas untuk membuka review awal tahun, kita bahas film yang agak membuat kepala pusing dan sedikit migran, yup apalagi apabila bukan Black Mirror : Bandersnatch, entah ini film atau serial tetapi sepertinya memang di siapkan oleh Netlix di penghujung tahun, karena seperti yang kita tahu biasanya Black Mirror setiap muncul pasti berisi beberapa episode, tetapi Bandersnatch sepertinya spesial, hanya satu saja. Bukan hanya itu yang membuat Bandersnatch menjadi spesial, ini merupakan kali pertama bagi Netflix mengeluarkan film dengan alternate ending yang banyak sekali atau dengan kata lain choose your own adventure, dan penonton dapat memilih sendiri kisah ending filmnya, WHATTTT !

Jadi Bandersnatch dibuat khusus menjadi interaktif film, yang didalamnya selalu dibuatkan pilihan untuk penontonya memilih, tentu saja setiap pilihan akan membuat ending yang berbeda dan membuat kita semakin pusing dan penasaran ingin mengulang kembali agar mengetahui semua endingnya, jadi yang biasanya kita akan menghabiskan waktu yang lebih lama apabila ingin mengetahui semua ending, dan Black Mirror selalu berhasil membuat penonton jadi tidak bisa membedakan mana realita dan ilusi, karena garis pembedanya tipis sekali, dan hanya Black Mirror yang bisa seperti itu.

Pemeran utama Bandersnatch diperankan oleh Fionn Whitehead, doi juga pernah bermain di film Dunkirk jadi pasti kalian sudah tidak asing lagi, dan di film ini doi berperan sebagai Stefan Butler programer game muda yang membuat sebuah game yang terinspirasi dari sebuah novel fantasi dengan judul yang sama yaitu Bandersnatch. Novel tersebut juga menuai kontrovesi karena pengarangnya yang mengalami delusi tingkat tingkat tinggi dan sampai tega membunuh istrinya, jadi dalam proses pembuatan gamenya Stefan sangat mendalami kehidupan dan karakter pengarang novelnya dan hal tersebut membuat dirinya seperti sang pengarang.

Mini Review

Bandersnatch sangat pas sekali untuk membuka tahun 2019, karena sangat seru dan merupakan interaktif film, penonton bebas memilih alur filmnya, dan semoga kalian tidak menyesal dengan pilihan kalian karena bisa saja pilihan kalian mengecewakan.

Dan sangat disarankan menontonya melalui Netflix tentu dengan platform yang sudah mensupport interaktif video, karena apabila tidak, pilihanya tidak akan keluar, terlebih apabila kalian mendownload filmnya dari situs bajakan, kalian akan bingung seratus persen kenapa filmnya berulang-ulang terus. Jadi sepertinnya ini cara keren Netflix memerangi para pembajak film, agar penontonnya tidak mendapatkan pengalaman dalam menonton Bandersnatch, apabila tidak menonton melalui Netflix.

Selamat berdelusi para penonton !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s