[Movie Review] First Man

Pagi semuaaaa,

Masih ingat sensasi film La La Land yang di sutradarai oleh Damien Chazelle, menyenangkan, hangat, dan sangat suka dengan komposisi lagu sepanjang film, dan temtunya film tersebut banyak merebut penghargaan bergengsi. Sebelum La La Land saya sudah mengagumi karya Damien sebelumnya yaitu Whiplash, itu film benar-benar gila, dan membuat adrenalin terus terpompa, dan keren maksimal padahal plot ceritanya simple sekali menurut saya, tetapi semua menjadi sangat luar biasa dan genius.

Setelah sukses besar dengan La La Land, ternyata Damien belum bisa move on dari sang aktor Ryan Gosling yang di boyongnya juga ke dalam film First Man, tetapi Emma Stone nya ngga dibawa, pemeran wanita yang menemani si abang Ryan adalah Claire Foy, yang tentu saya sudah kenal dia melalui serial netflix The Crown berperan sebagai Queen Elizabeth II, dengan aksen british yang khas, nah yang membuat saya kagum di First man doi menjadi warga amerika dan aksen british nya lenyap dalam seketika, luar biasa.

First Man

Mungkin kalian sudah tahu, film ini bercerita tentang siapa, yup benar sekali manusia pertama yang berhasil menginjakkan kakinya ke bulan, Neil Armstrong. Hal pertama yang terbayang ketika mendengar tentang film ini, saya pasti sudah tahu endingnya dan tidak mungkin ada plot twist, karena sejarah berkata Neil Armstrong berhasil kembali ke bumi dengan selamat setelah jalan-jalan sore ke bulan, kecuali si Damien mau aneh-aneh.

Tetapi, Damien seperti mencoba menawarkan hal berbeda dari film ini, doi mencoba membawa daya khayal kita untuk bisa merasakan bagaimana rasanya ke luar angkasa yang sebenarnya, yang ternyata sangat-sangat mengerikan, tidak nyaman, dan kemungkinan kembali ke bumi dengan selamat sangat kecil sekali, sangat berbeda dengan film-film yang spaceship yang memperlihatkan betapa mudah dan nyamannya ke luar angkasa, apa mungkin karena film ini bercerita sekitar tahun 1960an sehingga masih sangat tidak nyaman pesawat luar angkasanya.

Ryan Gosling dan Claire Foy, keduanya sangat ok di film ini, terlebih suka melihat Claire Foy bergaya 60an yang membuatnya semakin classy dan elegan dengan rambut bondolnya, duh kece badai nih orang. Hanya saja plot ceritanya saja yang tidak bisa membawa saya sampai ke titik klimaks apa karena sudah tahu cerita tentang Neil Armstrong yang pada akhirnya berhasil ke bulan dan selamat sampai ke bumi, mungkin saja.

Mini Review

Mulai dari awal sampai akhir saya cukup menikmati filmnya, tetapi menurut saya sensasi yang saya dapatkan dari film First Man masih belum sampai ke titik pada saat saya menonton Whiplash dan La La Land, yang ketika akhir filmnya mulut saya berkata keren sekali ini film, jadi untuk First Man ya lumayan saja, bukan berarti jelek ya, ini murni karena ekspetasi saya sama karyanya Damien yang ketinggian.

Bagi yang tidak menyukai film drama, hati-hati tertidur karena memang temponya cukup lambat, dan banyak scene yang berputar-putar, bisa-bisa kalian terhipnotis untuk tidur.

Jadi selamat menonon semua, selamat menikmati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s