[Book Review] Animal Farm By George Orwell

Mungkin saya termasuk seorang yang malas apabila berurusan dengan hal yang berbau politik, karena saya melihat banyak hal-hal mengerikan yang bisa diciptakan oleh politik, mulai dari cerita dari orang tua tentang kejadian pembunuhan masal di tanjung priok sampai pergolakan politik di tahun 1998 yang saya lihat sendiri dengan mata telanjang saya, orang-orang berlomba-lomba mengambil barang yang bukan haknya secara terang-terangan dan membenarkan tindakannya karena semua orang melakukannya, banyak tindak kriminal yang tidak terjerat hukum karena memang saat itu di luar kendali pemerintah yang sedang menuju reformasi.

Tetapi keadaan sekarang sudah berubah, orang sudah tidak tabu lagi apabila bersilang opini terkait pilihan politiknya, dan hal itu cukup berpengaruh ke pemikiran saya, termasuk dalam hal mengamati pergerakan politik di indonesia, karena memang apabila kita tidak mempelajarinya bagaimana kita bisa memilih pempimpin yang baik versi kita sendiri, walaupun kenyataannya semua yang dicalonkam dari partai, pasti membawa kepentingan partai nya dan itu tidak bisa di hindari, tetapi paling tidak kita sudah berusaha untuk memilih pemimpin yang kita rasa bisa menjalankan amanah kita.

Kenapa saya membahas politik, karena saya mau sedikit bercerita tentang novel klasik berupa alegori politik yang dikemas dengan cerita yang sangat simple dan unik, dan dapat membuka pemikiran kita tentang politik yaitu Anima Farm karya George Orwell.

Animal Farm By George Orwell

Saya awalnya hanya iseng ingin mengetahui, seperti apa sih novel yang mengisahkan politik, apakah akan tetap bisa dinikmati atau membosankan seperti perkiraan saya, karena hampir semua buku tentang politik selalu membosankan bagi saya, untuk saat ini saya hanya cukup menonton dari channel youtube asumsico apabila ingin melihat pergerakan politik indonesia yang di kemas dengan cara milenial dan mudah cerna otak saya.

Novel ternyata bercerita tentang binatang perternakan yang merasa di perkerjakan oleh manusia dengan tidak manusiawi, ehh mereka kan binatang ya pasti tidak manusiawi, hmm apa yah sebutanya, intinya menurut para binatang di perternakan tersebut mereka di peras tenaganya dan hanya di berikan jatah yang minim untuk makanan dan fasilitas lainnya.

Dan makin lama waktu berputar, munculah ide untuk dapat mengulingkan tirani manusia tersebut agar mereka para binatang dapat mengelola perternakan tersebut sendiri, atau dengan kata lain bekerja untuk diri sendiri, pasti menyenangkan. Dengan di pimpin oleh dua babi bernama Snowball dan Napoleon yang memiliki kepintaran lebih baik di banding binatang lainnya, mereka mencoba menyusun rencana agar dapat mengusir para manusia dari peternakannya dan berusaha mengambil alih kepemimpinan dengan maksud memberikan kesejahteraan untuk semua binatang di perternakan tersebut.

Saya sangat suka dengan novel ini, karena disini kita di berikan pemahaman politik yang sering terjadi di kehidupan kita, bagaimana cara-cara Snowball dan Napoleon sebelum melakukan penggulingan, yaitu membuat semacam doktrin-doktrin politik atau propaganda seperti memberikan opini bahwa manusia itu jahat, hanya yang berkaki empat dan bersayap yang baik, pemikiran ini selalu di gaung-gaungkan setiap hari sehingga sampai disuatu titik semua binatang berpikir bahwa manusia itu jahat, dan disaat itu lah mereka siap mengambil alih perternakan tersebut dari tirani manusia.

Dan apa yang terjadi setelah itu? Yup perternakan tersebut berhasil direbut dengan perjuangan yang tidak mudah, dan semenjak itu Snowball di percaya oleh banyak binatang untuk memimpin perternakan dibanding Napoleon karena pemikirannya, dan dibuatlah aturan-aturan semacam hal nya suatu negara, ada undang-undang, lagu kebangsaan, dan bahkan ada norma-norma di perternakan tersebut, dan semua berjalan baik-baik saja sampai di suatu ketika pemilik perternakan ingin merebut kembali dengan serangan secara tiba-tiba, tetapi usaha serangan teraebut dapat di gagalkan dengan semangat perjuangan yang coba di tularkan oleh Snowball, dan membuat dia semakin di hormati oleh seluruh binatang.

Tetapi seperti halnya di politik manusia, selalu ada saja oknum yang tidak suka dengan pemimpin pemerintahannya, dan mencoba menggulingkannya, begitu lah yang dilakukan oleh Napoleon yang merasa iri dengan Napoleon, sehingga melakukan tindakan keji yanh sudah direncanakan sejak lama untuk dapat menjatuhkan dan mengusir Snowball dari peternakan. San semenjak itu Napoleon berhasil memperdaya pemikiran para binatang bahwa Snowball merupakan sosok yang jahat dan serakah, dan selalu mencoba mencuri ide-ide dari dirinya, yang padahal semua cerita Napoleon hanya untuk memuluskan dirinya untuk dapat mendapatkan kekuasaan di perternakan tersebut.

Semenjak kepemimpinan Napoleon tersebutlah penderitaan demi penderitaan di dapatkan oleh para binatang, jam kerja lebih banyak, makanan ransum dikurangi, dan hak-haknya di kurangi, tetapi yang membuat hebat adalah binatang disana di buat berfikir bahwa yang di kerjakannya untuk kelangsumgan mereka sendiri dan tetap di buat semangat oleh tipu daya Napoleon, jadi ingat masa orde baru 🤔.

Mini Riview

Novel alegori politik ini menggambarkan secara detail bagaimana politik itu bekerja dengan segala tindak tanduknya yang dapat membuat setiap insan yang di dalamnya mengikuti dengan hati lapang tanpa tau mana yang benar dan mana yang salah ataupun merasa tertipu.

Kita di beri contoh bagaimana komplotan binatang bisa terbebas dari tirani manusia, tetapi masuk kedalam tirani binatang yang lebih menyengsarakannya, tanpa berfikir mereka sengsara, luar biasa memang ilmu politik, setiap propaganda memiliki maksud dan tujuan.

Jadi mulai sekarang cobalah kalian sedikit mempelajari politik agar tidak tertipu oleh politik yang menyesatkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s