[Movie Review] Bad Genius

Ada yang suka dengan film dari negara thailand? Saya ada kabar baik, ada satu film rekomendasi nih, yaitu Bad Genius. Mungkin kita sudah sering melihat bagaimana dunia periklanan thailand dalam membuat iklan, pasti di kemas secara unik, kreatif, lucu, dan dramatis, entah mengapa film produksi thailand juga mempunyai karakter yang sama, sangat mendramatisir, tetapi dalam konotasi yang positif, tidak seperti kebanyakan sinetron indonesia, yang dramatisnya keterlaluan.

Saya masih ingat film thailand pertama yang ditonton ketika di masa kuliah, yaitu film horor Shutter, asli itu film jumpscared nya kelewatan banget, bahkan selama beberapa hari masih terngiang-ngiang di alam bawah sadar hantu yang menemplok di punggung, haduehhh ampun kakak. Dan film thailand yang terakhir saya tonton adalah tentang biografi pengusaha muda kaya pemilik produk Tao Kae Noi, iyah cemilan rumput laut dengan berbagai varian bentuk dan rasa yang sering kita lihat di market manapun seluruh indonesia, ketika menonton Tao Kae Noi saya merasa seperti ada ninja hatori sedang memotong bawang di sebelah saya, mata langsung berair saking terharunya. Film thailand yang saya tonton selalu memiliki sesuatu yang menarik untuk dikenang dan ceritakan.

Nah kali ini bukan film horor atau pun biografi, tetapi Bad Genius tentang seorang pelajar SMU yang memiliki kecerdasaan luar biasa untuk membantu teman kelasnya untuk mencontek, idenya sangat unik kan? Menyontek saja bisa di jadikan film, luar biasa nih dunia perfilman thailand.

Bad Genius

Spoiler Alert.

Film karya Nattawut Poonpiriya ini terbilang unik, karena mungkin baru sekarang film yang mengangkat cerita contek menyontek di dunia pendidikan, terinspirasi dari kejadian nyata film menceritakan seorang siswi genius bernama Lynn yang secara kondisi ekonomi serba kekurangan berhasil masuk ke SMU ternama melalui jalur beasiswa. Ternyata perjalanan Lynn di sekolah tersebut mempertemukannya dengan siswi teman sekelasnya bernama Grace, dia adalah siswi yang ceroboh, tidak pintar, tetapi kaya, dan mereka pun menjadi semakin dekat sampai di suatu waktu ketika ujian, Grace mengalami kesulitan dan keadaan tersebut membuat Lynn tidak tega melihat sahabatnya strees karena tidak mengerti sama sekali dengan pelajarannya dan aksi memberikan kunci jawaban pun tercipta secara spontan, dan bantuan Lynn tersebut sangat disyukuri oleh Grace yang untuk pertama kalinya meraih nilai bagus di mata pelajaran tersebut.

Aksi sukarela Lynn berubah ketika Grace dengan cerobohnya membocorkan bantuan Lynn tersebut ke kekasihnya Pat, siswa dari orang tua yang kaya raya yang juga tidak pintar ingin mendapatkan bantuan Lynn juga dalam ujian, dan penawarannya berupa sejumlah uang yany cukup besar per mata pelajaran dan tidak hanya itu teman se-genk Pat juga ikut serta jadi kebayang uang yang akan di dapat Lynn cukup banyak dan kondisi keuangan keluarganya, sehingga tanpa berfikir panjang untuk menerima tawaran tersebut.

Semua cerita manis aksi contek mencontek dengan teknik tingkat tinggi, akhirnya tercium oleh siswa genius di kelas tersebut yang merupakan partner lomba cerdas cermat Lynn bernama Bank, Bank merupakan siswa yang kondisi keuangannya tidak beda jauh dari Lynn dan mengandalkan beasiswa untuk dapat bersekolah. Memang yah kalo sesuatu yang tidak baik, walaupun sudah sebaik mungkin kita menyembunyikannya pasti akam tercium juga, begitu hal dengan kegiatan Lynn dan para clientnya, dan hal ini membuat Bank melaporkan Lynn ke kepala sekolah dan membuat dirinya di hukum.

Tetapi setelah kejadian tersebut terjadilah penawaran berikutnya dari Grace dan Pat ke Lynn agar dapat memberikan contekan untuk unian STIC untuk dapat berkuliah di Amerika Serikat, seusai dengan perintah orang tuannya Pat, dan kali ini Lynn membutuhkan bantuan orang sama genius untuk membantunya karena lembar ujian STIC yang sangat banyak, dan pilihannya pasti jatuh ke Bank.

Apakah aksi Lynn dan Bank akan berhasil membantu Grace dan Pat untuk lulus ujian STIC?

Tonton yah, karen film ini sangat layak untuk di tonton.

Mini review

Film ini sangat menyegarkan, karena idenya sangat original. Pemerannya pun sangat-sangat impresif walaupun masih sangat muda, dan nilai kredit lebih untuk sang sutradara dalam mendramatisir keadaan yang terjadi, luar biasa keren. Dan teknik-teknik menconteknya sangat layak di aplikasikan di dunia nyata hahaha.

Sepanjang film saya sangat terhibur dan ikut dag dig dug melihat aksi contek-mencotek agar tidak ketahuan pengawas, soalnya saya juga pernah nyontek pas sekolah jadi tahu rasanya bagaimana tegangnya :)) pengakuan dosa deh.

Bagi adik-adik yang masih sekolah menonton film ini mohon untuk tidak mengikuti teknik-teknik mencontek di film ini, karena membutuhkan skill tinggi. Selamat menonton.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s