[Movie Review] I, Tonya

Selamat pagi yang cerah untuk kalian semua, kali ini saya mau bercerita tentang film yang masuk nominasi di beberapa kategori di ajang penghargaan bergengsi seperti Golden Globe dan Oscar. Entah kenapa ketika menonton film ini saya sangat suka sekali, mulai dari pendekatan setiap karakter yang sangat intim, plot cerita yang kuat, dan set filmnya yang vintage makin membuat saya jatuh hati.

Siapa sih Tonya? Jadi film bercerita tentang salah satu atlet ice skating wanita america paling kontroversial sepanjang sejarah, atau bisa dibilang hanya Tonya atlet yang paling diburu oleh awak media seantero Amerika karena di indikasi terlibat sebuah kasus.

Spoiler Alert!

Tonya Harding (Margot Robbie) yang lahir dari keluarga yang kekurangan dibesarkan oleh Ibunya LaVona Golding (Allison Janney) yang super keras dan galak, bak mak lampir tidak makan sebulan, bahkan Tonya dipaksa berlatih Ice Skating sejak umur tiga tahun (bah anak saya saja umur segitu masih main masak-masakan dan boneka). Segala masalah di rumah dan perceraian orang tuanya membuat Tonya menjadi remaja yang keras kepala dan memilikiĀ  sikap yang buruk karena selalu ditekan secara mental dan fisik oleh Ibunya agar dapat berprestasi di olahraga Ice Skating.

Semua tekanan dan perlakuan Ibunya membuatnya memutuskan hidup mandiri dengan menikahi pacarnya Jeff Gilooly (Sebastian Stan) di usia belia, yang ternyata suaminnya memiliki karakter sangat protektif dan selalu bertindak kasar kepada Tonya, tetapi dengan segala problematikanya Tonya berhasil membuat prestasi yang mencatatkan dirinya menjadi wanita pertama yang dapat melakukan teknik Triple Axe di ajang international dan membuat dirinya menjadi sangat spesial, dan dengan meningginya kesuksesannya, sayangnya popularitasnya memakan dirinya secara perlahan, hal tersebut membuat dirinya tidak dalam kondisi prima sehingga Tonya harus menerima kegagalannya di Olimpiade pertama yang dia ikuti, dan membuatnya sangat terputuk secara mental dan fisik.

Seperti halnya Tonya kita pun pasti pernah mengalami kejadian seperti ini, ketika sedang terpuruk-terpuruknya datanglah sang penyelamat yang membantu kita bangkit dari keterpurukan, nah kejadian ini pun di alami oleh Tonya ketika dia gagal di Olimpiade dan kembali ke kotanya lalu bekerja sebagai waitress, datanglah pelatih ice skating ketika dia kecil yang masih percaya dengan kemampuannya dan ingin mengembalikan Tonya ke kemampuan terbaiknya.

Pelatih Tonya membuat pelatihan yang super keras, bahkan bisa dibilang hampir menyamai persiapan Rocky Balboa sebelum bertanding, tetapi semua itu Tonya lakukan agar bisa kembali ke kemampuan terbaiknya. Semua kerja keras Tonya dipertaruhkan untuk dapat meraih mimpinya, tetapi sebuah insiden terjadi ketika suaminya dan temannya melakukan serangan kepada rival ice skating Tonya di tim Olimpiade amerika, dan menyeret nama Tonya dalam kasus tersebut.

Berkat kasus itu semua mata seluruh dunia menyorot Tonya, dan membuat tekanan yang luar biasa berat ketika harus juga berlatih untuk persiapan kejuaraan Olimpiade, apakah Tonya akan berhasil melaluinya dan meraih mimpinya? Nonton saja ya, cukup sampai disini sopilernya.

Mini Review

Di film ini Margot Robbie dan Allison Janney gila sekali aktingnya, sakit jiwa pokoknya terlebih si Janney yang menjadi Ibunya Tonya, beh jadi Ibu super galak plus keras tapi tampil secara unik dan keren. Untuk Margot Robbie, pokoknya love you full, tatapannya itu loh tajam mematikan, pantes aja si Joker sampe klepek-klepek ketika dia jadi Harley Quinn.

Film ini merupakan tipe film kesukaan saya karena skala ceritanya yang personal mulai karakterdan ceritanya yang sangat engage dengan saya sebagai penonton, cara bagaimana film ini menampilkan konflik-konfliknya pun sangat keren menurut saya.

Tetapi ternyata dengan banyaknya pujian terhadap film ini, tetap saja masih menyisakan kontroversi, ketika Ibu nya Tonya menyatakan bahwa dia tidak pernah melemparkan pisau steak ke anaknya, karena ada di salah satu scene di film LaVona melempar pisau ke Tonya ketika bertengkar, dan scene tersebut base on pengakuan Tonya sendiri, entah mana yang benar antara Tonya dan Ibunya, yang pasti film ini patut di tonton.

Salam manis dari tatapan Margot Robbie untuk kalian semua.

Ps: semua gambar berasal dari twitter account @ITonyaMovie dan website http://www.ITonyaMovie.com .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s