Review Serial, Big Little Lies

Sudah ada yang pernah baca novel Liane Moriarty? Nah salah satu novelnya Big Little Lies sudah diadaptasi ke layar televisi oleh HBO, tidak tanggung-tanggung  yang terlibat di serial ini adalah aktor beken semua, seperti Nicole Kidman, Resee Witherspoon, Shailene Woodly, Alexander Skarsgard, Adam Scott, dan Laura Dern. Jujur saja saya tipikal orang yang sangat penasaran apabila ada film atau serial yang di adaptasi dari novel terlebih saya sudah membaca novelnya, selalu penasaran hasil adaptasinya apakah sesuai dengan yang saya bayangkan atau malah melenceng jauh dari harapan.

Spoiler Alert

Big Little Lies menceritakan kehidupan keluarga di kota Monterey, daerah pesisir dengan pemandangan pantai yang sangat indah. Semua bermula ketika terjadi kematian mengejutkan seorang laki-laki mapan, memiliki istri yang cantik, mempunyai anak kembar, dan tentu saja harta yang berlimpah, terjatuh dari balkon pada malam trivia sekolah Pirriwie Public School. Alur cerita dilihat dari sudut pandang tiga orang mahmud (mamah muda) yang memiliki problematika rumah tangga yang berbeda-beda tetapi mereka memiliki satu benang merah yang saling mendekatkan mereka yaitu anak-anak mereka bersekolah di tempat yang sama. 

Yuk mari berkenalan satu persatu dengan ketiga mahmud yang cantik-cantik ini.

Jane Chapman ( Shailene Woodly )

Wah siapa yang tidak kenal wanita cantik ini, dia sudah sering kita lihat di berbagai film, mulai dari The Fault Of Ours Star, Trilogi Divergent, Insurgent, Allegant, dan Snowden. Di serial ini doi berperan sebagai Jane yang merupakan seorang mahmud muda  yang baru saja pindah ke Monterey agar dapat memulai kehidupan baru dan mencoba melupakan kejadian masa lalu yang kelam, yaitu pernah mendapatkan kekerasan seksual oleh lelaki asing yang baru dikenalnya, dan Ziggy anaknya merupakan buah dari kejadian tersebut, dan tentunya Ziggy tidak pernah tahu ayahnya siapa, atau bahkan namanya saja dia tidak tahu. Jane mendapatkan pertemanan pertamanya di Monterey ketika bertemu dengan Madeline, seorang mahmud lainnya ketika sedang mengantarkan Ziggy menghadiri orientasi sekolah untuk pertama kalinya.

Harapan Jane yang sedang mencoba hidup damai dan melupakan kejadian masa lalu yang selalu menghantuinya menjadi hilang seketika ketika di hari pertama orientasi, Ziggy dituduh melakukan tindak kekerasan kepada teman sekelasnya dan kejadian tersebut merupakan awal dari cobaannya sebagai mahmud di Monterey, bahkan efek dari kejadian tersebut semakin membuat depresi kehidupan Jane karena beberapa anak lainnya mencoba menjauhi anaknya. Madeline yang merasa teman baru nya diperlakukan tidak adil, dia tidak tinggal diam melihat apa yang terjadi kepada Jane, dia selalu hadir dan memberi dukungan agar Jane selalu dapat melalui cobaan kehidupannya karena dia pernah merasakan bagaimana menjadi ibu tunggal.

Madeline Martha Mackenzie (Resee Witherspoon )

Madeline seorang mahmud yang selalu berusaha tampil sempurna dan memiliki emosi yang dapat meledak kapan saja, seperti ada bom waktu di pundaknya yang dapat meledak kapan saja menunggu waktunya tiba. Kehidupannya sebagai mamah tunggal selama lima belas tahun telah menempa kepribadian dan juga emosi nya, tempramen menjadi hal yang sangat sulit bagi Madeline untuk di kendalikan, walaupun di kehidupannya sekarang dia telah menikah kembali dan memiliki anak kedua dari suaminya sekarang.

Hal yang selalu membuat Madeline murka dan meledak-ledak apabila dia mendengar, melihat, atau ada yang sedang menyingung nama Nathan, lelaki yang telah memberinya putri pertama dan meninggalkan nya selama bertahun-tahun, dan sayangnya Nathan yang meruapakan mantan suaminya menyekolahkan anaknya di sekolah yang sama dengan putri Madeline sehingga pertemuaan atau sapaan dengan Nathan yang mempunyai kenangan lama yang menyakitkan tidak dapat di hindari Madeline.

Celeste Wright (Nicole Kidman)

Celeste yang di perankan oleh si cantik Nicole Kidman, merupakan teman dekat Madeline dan merupakan kiblat semua mahmud yang berada di kota Monterey. Seorang mahmud yang cantik dan pintar, memiliki suami yang kaya dan tampan, memiliki anak kembar yang lucu-lucu, tetapi semua kesempurnaan itu tidak pernah dia rasakan, suaminnya selalu melakukan tindak kekerasan kepadanya ketika sedang emosi dan selalu meninggalkan bekas luka di sekujur tubuhnya dan bahkan terkadang membuatnya hampir terbunuh dan selalu mengakhiri pertengkeran dengan sex yang liar….. sex yang sangat sangat liar.

Tindak kekerasan pada hubungan rumah tangganya membuat Celeste memutuskan bertemu psikiater untuk melakukan konseling dan mencoba mencari jalan keluar terbaik dari masalah rumah tangganya yang selalu dia tutupi dari semua orang di Monterey. Kehidupan rumah tangga Celeste merupakan kehidupan yang sangat kompleks, di satu sisi dia sangat menyayangi keluarganya terlebih anak-anaknya, tetapi di sisi lain nyawanya selalu terancam ketikan emosi sang suami meledak secara tiba-tiba.

Kebohongan yang berfaedah

Ada nggak sih kebohongan yang memiliki faedah? Hmmm atau bisa di bilang kebohongannya untuk kebaikan banyak orang atau untuk kelangsungan hidup banyak orang, benar-benar pertanyaan yang sulit, karena setiap orang di bumi ini pasti memiliki versi kebohongannya masing-masing, dan mencoba menyembunyikan kebenaran yang menyakitkan.

Serial ini secara tidak langsung membuat mata yang menonton terbuka lebar, bahwasanya kehidupan keluarga yang sempurna di mata banyak orang belum tentu kehidupan keluarga tersebut benar-benar memiliki kesempurnaan di dalamnya, pasti juga mereka memiliki masalah yang bahkan terkadang lebih besar di banding masalah keluarga yang sedang kita hadapi. 

Big Litte Lies menggambarkan kehidupan nyata yang banyak terjadi di sebuah rumah tangga, seperti seorang mahmud yang harus berinteraksi dan berhadapan dengan mantan suami yang selama bertahun-tahun melupakannya, atau seperti mahmud yang pernah mengalami kekerasan sexual ketika muda dan selalu menghantuinnya, atau bahkan yang lebih ekstrim seorang mahmud yang tampak hidup sejahtera ternyata kehidupan rumah tangganya bagaikan neraka. Semua kejadian tersebut dapat memberikan sudut pandang baru bagi semua orang dalam menghadapi masalah dalam keluarga, dan semoga kita yang nonton dapat mengambil faedah nya.

Dan sekedar informasi baru-baru ini Big Little Lies memborong banyak penghargaan dalam ajang Emmy Award 2017, jadi pastinya serial ini sangat layak untuk ditonton.

Advertisements

2 thoughts on “Review Serial, Big Little Lies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s