Review Pengabdi Setan 2017

Setiap ada ajakan menonton film horor saya tipikal yang mikirnya panjang sekali bahkan butuh riset dulu, karena saya harus membayar untuk di takut-takuti hahaha, terlebih film horor lokal yang selalu menjual gimmick aneh-aneh, mulai dari pemerannya yang berkelahi di lokasi shooting lah, mengeksploitasi cerita penampakan saat shooting, dan yang paling ekstrim menjual keseksian aktris yang bermain…. sudah malas saja minat untuk nonton film horor produksi lokal. Tetapi saya mencoba berfikir positif untuk memutuskan menonton film Pengabdi Setan karya sutradara yang sudah terbukti dengan karya-karyanya yang bagus, Joko Anwar.

Pengabdi Setan ini merupakan reboot dari film Pengabdi Setan 1980, kenapa reboot? Karena di film ini seperti menelanjangin plot cerita film terdahulu walaupun benang merah film nya masih tetap sama yaitu tentang pengabdian terhadap setan. Sebelum menonton saya tentu saja mencoba menonton ulang film Pengabdi Setan 1980, yang tetap saja menyeramkan walaupun apabila ditonton sekarang melihat makeup nya dan efek visual dapat sedikit mengurangi rasa takut saya sedikit hehe.

Ada beberapa perbedaan mencolok yang ada pada Pengabdi Setan 2017, yaitu keluarga yang di ceritakan mempunyai lebih banyak anak dan mereka tinggal bersama nenek mereka, walaupun latar belakang cerita berbeda dengan film terdahulu, tetapi cerita yang di sajikan tetap menarik dan bahkan tidak tertebak.

Cerita bermula ketika seorang ibu yang sudah mengalami sakit selama bertahun-tahun yang sudah sekarat dan selalu membunyikan lonceng ketika ingin memanggil apabila membutuhkan sesuatu dan pada akhirnya sang ibu meninggal, dan sepeninggalan ibu mulailah kejadian-kejadian aneh terjadi di rumah tersebut, Rini yang menjadi anak tertua dari keluarga tersebut mulai curiga dengan apa yang terjadi di rumahnya dan mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Sepanjang film saya selalu kaget melihat bagaimana cara setannya muncul, dan pemilihan rumah dan suasananya sangat-sangat mendukung keseluruhan cerita dan bahkan rumahnya masih memiliki sumur air yang harus di kerek embernya… hadueh makin seram aja. Pada film ini Joko Anwar mencoba memberikan suasana baru dari imaginasinya ketika mayat hidup yang coba meneror tidak lagi  loncat-loncat pada umumnya mitos pocong, disini pocongnya seperti zombie.

Pengabdi Setan 2017 berhasil membuat benchmark yang sangat tinggi bagi para penggarap film horor lokal lainnya, karena mungkin saya sudah lama sekali menunggu sejak film Jelangkung yang benar-benar membuat terngiang-ngiang, dan film ini berhasil membuat saya mengira bunyi lonceng tukang sekuteng malam hari itu adalah Ibu yang akan menjemput hahaha.

@twitter: roburik

@IG: roburik

Advertisements

5 thoughts on “Review Pengabdi Setan 2017

  1. duh…jadi tambah penasaran sama film ini. Kemarin uda liat yang versi tahun 1980, serem abiiss…soalnya aku parno banget sama yang namanya poci. Emang ya..lonceng si Ibuk bikin kuping jadi sensi sama bunyi lonceng penjual lotek malam hari..hahahahahahahhahah

  2. aku udah nonton kemarin mas… secara pengambilan gambarnya aku suka, ada beberapa twist tapi ada juga yang bikin aku berpikir konyol abis nontonnya hehe.. overall 7/10 lah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s