Bumi

Penulis : Tere Liye

Desain & Ilustrasi Sampul : Orkha Creative

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama.

Cetakan ketujuh belas : Mei 2017

ISBN : 978-602-03-3295-6

440 Halaman.

Genre : Fiksi.

Ini kali pertama saya membaca novel karya Tere Liye, walaupun setiap saya masuk ke toko buku begitu banyak sekali karyanya terpampang di rak buku paling laris, tetapi baru sekarang saya akhirnya memutuskan untuk membelinya, sempat terfikir oleh saya Tere Liye itu seorang wanita, ternyata dia seorang laki-laki yah, efek kebanyakan dengerin lagu dari penyanyi Tere nih. Pilihan pertama saya jatuh pada novel berjudul “Bumi” yang merupakan novel pertama dari empat novel berseries ini, Bumi merupakan seri pertama dari ketiga buku yang lain yaitu Bulan, Matahari, dan Bintang.

Alasan saya memilih novel ini di banding dengan novel Tere Liye yang sudah sangat populer seperti Rindu atau Hujan, hanya alasan sederhana saja yaitu sangat jarang penulis lokal membuat karya tentang fiksi petualangan yang imajinatif, apakah mungkin karena penerbit tidak mau ambil resiko dari pembaca di indonesia yang lebih condong cerita tentang romansa dan realita kehidupan yang selalu di alami semua manusia, mungkin saja.

Novel bumi bercerita petualangan seorang gadis berumur 15 tahun bernama Raib yang mempunyai kemampuan menghilang, kemampuan tersebut sudah dia sadari sejak kecil ketika bermain petak umpet dengan kedua orang tuanya dan lantas dia menutup wajahnya dengan telapak tanganya dan dia menghilang, kekuatannya selalu dia rahasiakan dari semua orang termasuk orang tuanya. Raib memiliki sahabat di sekolah bernama Seli yang juga tidak tahu menahu tentang kemampuan menghilang Raib dan ada siswa bernama Ali yang genius, nakal, dan misterius yang secara tidak sengaja menyadari kemampuan Raib dan bersih keras membuktikan firasatnya adalah benar.

Dan di suatu ketika Raib dan Seli menuju ke kantin karena sedang menunggu kegiatan ekskul dimulai, terjadi kecelakan yang menyebabkan mereka berdua hampir tertimpa tiang listrik, dan di luar dugaan Seli menyelamatkan Raib dengan menahan tiang penuh aliran listrik tanpa terluka sedikit pun, Raib seketika mematung melihat kemampuan sahabatnya yang ternyata juga memiliki kemampuan spesial seperti dirinya, lantas Raib mengeluarkan kekuatannya untuk menghilangkan benda yang ditahan oleh Seli, dan kejadian tersebut dilihat langsung oleh Ali yang merasa senang karena dugaannya seratus persen benar dan bahkan dia sekarang juga mengetahui bahwa Seli juga mempunyai kemampuan yang luar biasa.

Bukan hanya rahasia Raib dan Seli yang mulai terkuak oleh Ali, tetapi ada sesuatu yang misterius menunggu dihadapan mereka, yaitu mahkluk asing bernama Tamus yang sudah lama sangat berambisi untuk menculik Raib dan memanfaatkan kemampuannya untuk melancarkan tujuannya,  tetapi tujuan Tamus dapat dihadang sementara ketika guru matematika Miss Keriting muncul untuk menyelamatkan muridnya dari serangan Tamus dan mencoba mengirim mereka bertiga ke dunia Klan Bulan melalui buku PR matematika yang diberikannya kepada Raib.

Rahasia besar mulai terkuak ketika Raib, Seli, dan Ali sampai di dunia Klan Bulan dan bertemu dengan dengan Ily dan pamannya Av, dan tanpa disangka Raib langsung mengerti bahasa yang digunakan oleh Ily dan Av. Av menceritakan bahwa bumi memiliki empat dunia yaitu Klan Tanah, Klan Bulan, Klan Matahari, dan Klan Bintang dan semua dunia tersebut berjalan secara bersamaan dibumi tanpa bersinggungan. Petualangan Raib dan temannya menjadi lebih seru dan menegangkan karena Tamus terus mengejarnya Raib, kondisi tersebut membuat Raib dan Seli mulai berlatih secara cepat untuk memaksimalkan kemampuannya agar dapat menggagalkan rencana besar Tamus, dan bahkan si genius Ali mulai mempelajari bahasa Klan bulan dengan cepat dengan bantuan Raib.

Apakah Raib dan teman-temannya dapat menggagalkan rencana besar Tamus? Baca yuk…jarang-jarang loh ada novel lokal dengan genre fiksi seperti ini, dan saya pastinya akan berlanjut ke seri lanjutannya karena memang petualangan Raib dan teman-temannya sangat seru.

Advertisements

One thought on “Bumi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s