Neverwhere : Kota Antah Berantah

Penulis : Neil Gaiman.

Ahli Bahasa : Donna Widjajanto.

Desain & Ilustrasi Sampul : Martin Dima.

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama.

Cetakan Ketiga : Mei 2017.

ISBN : 9786020346182 .

440 Halaman.

Genre : Fiksi.

 

Petualangan dimulai ketika Richard Mayhew yang merupakan pria mapan dengan kehidupan yang layak dan memiliki tunangan berparas cantik dan sangat perfeksionis yang tinggal di london, secara tiba-tiba melihat seorang wanita berpenampilan seperti gelandangan terluka dijalan lalu Richard memutuskan untuk menolongnya walaupun tunangannya tidak sependapat dengan idenya. Wanita itu bernama Door, dan setelah pertolongan itu kehidupan Richard berubah 360 derajat, dia seperti terbuang dari dunia nyata dan masuk ke dunia yang berbeda karena orang-orang di london tidak dapat melihatnya, Door menjelaskan bahwa dia merupakan penghuni london bawah sedangkan kehidupan Richard terdahulu merupakan kehidupan di london atas, dan sekarang Richard sudah menjadi bagian dari penghuni london bawah.

Dunia London Bawah

Richard sangat bingung dengan yang terjadi karena kehidupannya hilang dalam sekejap mata dan dia tidak memiliki tujuan hidup, pilihan paling bijak hanya mengikuti Door dan berusaha mencari tahu bagaimana cara bisa kembali ke kehidupan london atas, kehidupan normalnya. Mengikuti Door membawa Richard ke petualangan yang sangat menegangkan dan mengerikan, karena Door merupakan orang yang sedang menjadi buruan pembunuh bayaran yang terkenal sangat sadis di london bawah yaitu Mr Croup dan Mr Vendermar. Door mencoba mencari tahu siapa dalang dari pembunuhan seluruh anggota keluarganya, dan meminta bantuan seseorang bernama Marquis De Carabas yang merupakan salah satu kolega ayahnya yang di percaya dapat membantu memecahkan teka-teki nya.

Richard mencoba mengerti apa yang terjadi dengan Door dan walaupun di kepalanya tertimbun ratusan pertanyaan yang ingin dia tanyakan. Perjalanan semakin menegangkan ketika satu-persatu petunjuk mulai didapat, dikarenakan ancaman bahaya yang sangat berbahaya dari pembunuh bayaran, Door memutuskan melakukan sayembara untuk mendapatkan pengawal yang dapat melindunginya dari ancaman kejaran Mr Croup dan Mr Vandemar yang sangat bernafsu untuk menangkap Door. Hunter terpilih menjadi pengawal selama perjalanan Door mencari tahu siapa dalang pembunuhan keluarganya.

Door bersama dengan Hunter, Marquis, dan tentu saja Richard yang malang mulai menyusuri kehidupan london bawah yang kelam, aneh, dan mencekam. Richard selalu di buat terperanga dengan apa yang di alaminya di london bawah mulai perjumapaannya dengan malaikat sampai harus bertemu dengan pembunuh sadis, wanita yang dapat menghisap jiwa seseorang, dan monster besar, yang di kehidupan sebelumnya hal tersebut hanya bisa dilihatnya di film saja. Richard mulai menyadari ada sesuatu yang spesial dari Door yang tidak dimiliki oleh orang lain yaitu membuka pintu atau membuka sesuatu yang terkunci hanya dengan menyentuhnya, dan mungkin ini yang menyebabkan pembunuhan seluruh anggota keluarganya.

Novel ini kaya dengan imajinasi yang liar dan penggambarannya sangat detail, sehingga ketika membacanya saya merasa benar-benar berada di london bawah merasakan suasana nya. Masing-masing karakter di gambarkan dengan cara yang unik, dan selama membaca tidak membosankan. Ini kali pertama saya membaca karya Neil Gaiman dan saya tidak ragu untuk mengoleksi karya-karyanya yang lain.

Apakah Door dan koleganya berhasil menguak siapa dalang yang merencanakan pembunuhan keluarganya? Dan apakah Richard dapat kembali ke london atas dan hidup normal kembali? Yuk baca, dijamin seru!

Advertisements

3 thoughts on “Neverwhere : Kota Antah Berantah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s