Self Healing Dengan Harmonis 5 Elemen

Banyak pertanyaan yang muncul di kepala saya ketika mendengar “Self Healing”, kok saya baru mendengar istilah itu yah, kemana aj nih saya…hadueh, kebetulan saya kemarin berkesempatan mengikuti training at lunch yang secara berkala di adakan oleh kantor tempat saya bernaung , training yang diadakan selalu di isi dengan tema-tema yang menarik yang dapat di ikuti oleh karyawan tentu dengan kuota yang terbatas  dan narasumber yang dipilih tentu saja yang mumpuni di bidangnya, plus dapat makan siang gratis hehe. Lanjut yuk ke training tentang self healing yang di dibawakan oleh mas Reza Gunawan, jujur saya baru tahu tentang beliau di training ini dan ketika browsing…ohh ternyata beliau suaminya mba Dewi Lestari penulis novel dan penyanyi yang hits itu. Mas Reza berkecimpung dan mempelajari ilmu tentang penyembuhan holistik sudah 15 tahun….wow lama juga yah, apa sih penyembuhan holistik? Hmmm umumnya mungkin kita sering mendengar adalah pengobatan alternatif, mugkin saya dapat menyebut Mas Reza merupakan Tabib di era modern.

Di era modern penyakit yang muncul sangat beragam menurut Mas Reza ada 3 akar yang mengakibatkan munculnya penyakit tersebut yaitu STRESS, LETIH, & SIBUK… kok bisa sih? Di era sekarang ini setiap orang yang bekerja pasti merasakan stress, letih, dan pasti juga sibuk, jadi semua orang punya penyakit? Tentu tidak apabila tidak “TERLALU”. Terlalu Stress dapat memnyebabkan penyakit ekstrem untuk muncul, Terlalu letih sudah pasti membuat tubuh berkerja dari yang seharusnya, Terlalu Sibuk sehingga melupakan kondisi diri sendiri yang terkadang membutuhkan perhatian. Hayo ngacung, siapa yang sudah masuk ke tahap TERLALU, segera kurang-kurangi yah.

Ketiga akar tersebut bisa kita kontrol dengan Self Healing apabila kita peka secara dini batas kemampuan tubuh kita. Self Healing dapat di latih dengan 4 cara yaitu Nafas, Sentuhan, Gerak, Hening. Nafas memiliki beberapa teknik dan manfaat, seperti bagaimana cara bernafas ketika kita sedang grogi agar tetap relax. Sentuhan dibutuhkan untuk agar kita merasakan kenyamanan dan rangsangan yang positif. Gerak sangat di butuhkan agar tubuh kita tetap bugar untuk menjalani aktifitas. Hening sangat dibutuhkan untuk menenangkan pikiran dan emosi yang terkadang kita tidak bisa kontrol. Dan apabila kita sudah peka dengan kemampuan diri kita barulah kita bisa menyelaraskan kesehatan tubuh kita dengan 5 Elemen yang di singkat dengan KATLA(Kayu, Api, Tanah, Logam, Air).

Elemen Kayu

Dalam elemen ini menekankan pada tidur berkualitas apabila jam nya tepat, sesuai dengan yang sudah di pelajari mas Reza di berbagai sumber kesehatan, tidur yang baik untuk me-recharge elemen ini adalah pada jam 22.00 – 03.00, karena pada jam tersebut organ vital tubuh sedang berkerja merecharge tubuh, selain itu juga kita mengurangi kafein dan zat toksik(alkohol, nikotin, obat-obatan) agar liver bekerja lebih ringan. Elemen ini dapat sangat membantu bagi orang yang ber tempramen tinggi, mudah stress, gangguan sirkulasi darah, gangguan saraf dan hormon.

Elemen Api

Pada elemen ini mengacu pada olahraga dan makanan hangat. Mas Reza sangat menganjur untuk olahraga saat matahari semakin naik memanaskan bumi antara periode jam 06.00-10.00, Kenapa nggak malem sih, habis cape bisa langsung tidur? Karena di saat ingin tidur tubuh kita membutuhkan suhu yang rendah, apabila kita olahraga di malam hari maka suhu tubuh akan meningkat dan dapat membuat kita sulit untuk tidur. Selain olahraga hindari makanan dan minuman dingin di pagi hari karena saat pagi hari tubuh membutuhkan asupan yang hangat agar suhu tubuh meningkat sesuai dengan kebutuhan aktifitas kita, tetapi jangan khawatir kita tetap dapat menikmati yang dingin-dingin mulai pukul 10.00-14.00 agar membantu suhu tubuh tetap sejuk di saat siang yang panas.

Elemen Tanah

Pasti kita pernah mendengar ibu hamil yang disuruh orang tua nya untuk menginjak rumput yang masih berembun tanpa alas kaki, ternyata cara tersebut bukan tanpa alasan, mas Reza menjelaskan manfaat nya untuk memperlancar peredaran darah, menyeimbangkan elektron pada tubuh, memperbaiki keseimbangan hormonal, selaraskan fungsi tubuh, dan yang terpenting meningkatkan kualitas tidur kita. Untuk melakukan cukup mudah hanya dengan menyentuh bagian tubuh ke bumi(tanah, rumput, batu, pasir) minimal 20 menit sehari…selamat mencoba.

Elemen Logam

Pada elemen ini mas Reza langsung mempraktikan cara bernafas untuk relaksasi lahir batin dan membantu istirahat yang lebih pulas. Mas Reza memberi nama tekniknya adalah napas rileks 478, yaitu dengan rincian

(1) pejamkan mata.

(2) hirup napas dari hidung 4 hitungan, berhenti napas 7 hitungan, hembuskan napas dari mulut 8 hitungan.

(3) Ulangi antara 4-5 putaran, lalu rileks.

Elemen Air

Semua orang pasti sudah sangat tahu manfaat air putih, tetapi apakah kita sudah memanfaatkannya secara benar untuk menjaga kesehatan tubuh kita? Belum tentu, mas Reza menerangkan dengan sangat detail tentang penelitian dokter Fereydoon Batmanghelidj yang merupakan pakar air untuk kesehatan dan penyembuhan, bahwa 85% penyakit modern disebabkan oleh dehidrasi kronis, lalu bagaimana seharusnya cara yang baik minum air putih? Bukannya 2 liter sehari sudah cukup? Ternyata ukuran 2 liter sehari yang banyak sudah di anjurkan tidak bisa di terapkan ke semua orang karena berat tubuh manusia berbeda-beda sehingga kebutuhannya pun pasti berbeda, tetapi jangan khawatir dokter Fereydoon sudah memberikan formula agar kita tidak mengalami dehidrasi, berikut kebutuhan air harian: 33ml x berat badan + ganti diuretik (teh, kopi, soda, alkohol), jadi misalkan kita meminum satu cangkir kopi di hari yang sama harus meminum 2-3 cangkir air putih tambahan di luar air putih yang harus kita minum. Tidak hanya takaran air putihnya ada waktu yang di anjurkan sangat untuk meminum air yaitu ketika (1) bangun tidur, (2) sebelum tidur, (3) 30 menit pra makan, dan (4) 90 menit paska makan. Jadi jangan khawatir dehidrasi yah.

Dari semua yang di jabarkan oleh Mas Reza, dalam menjalani hidup yang sehat maka kita harus preventif dan selalu peka terhadap kebutuhan tubuh, karena hidup sehat merupakan hasil dari cara kita hidup. Semoga dengan informasi ini kita semua dapat menjaga kesehatan dan menjauhkan penyakit. Amin.

Advertisements

6 thoughts on “Self Healing Dengan Harmonis 5 Elemen

  1. nama mas reza ini aku mulai kenal pas film arisan 2, di sana cerita film nya tentang penyembuhan holistik yang lebih ke alam, pemulihan jiwa. tapi jauh sebelumnya ya aku kenal sejak kasus perceraian dewi lestari dan marsel, lalu berpindah agama. menarik,
    bicara elemen ini, apa tubuh kita pny elemen sendiri ya atau tinggal menyesuaikan sama 5 elemen ini mas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s