Review Film: Dunkirk

Ada yang kangen nggak dengan karya Christopher Nolan? Pasti pada kangen yah, karena memang film-film yang dibuat selalu menakjubkan mulai dari Memento, The Dark Knight Trilogy (Batman Begins, The Dark Night Rises, dan The Dark Night), Inception, dan Interstellar. Sutradara asal inggris ini kembali hadir dengan film Dunkirk yang genrenya belum pernah dia buat yaitu perang, dan cerita yang dipilih ada kejadian perang dunia yang terkenal bernama Dunkirk.

Dunkirk merupakan film yang dibuat berdasarkan kejadian nyata yang pernah terjadi di saat perang dunia, Dunkirk merupakan nama daerah pesisir di perancis, saat kejadian tersebut pasukan perancis dan pasukan sekutu yaitu inggris terdesak oleh pasukan german sampai ke pesisir pantai tersebut dan tidak mempunyai pilihan lain agar dapat selamat harus melalui laut, sehingga satu-satunya cara adalah mengangkut pasukan melalui kapal untuk dapat pulang, kurang lebih 400,000 pasukan yang nasibnya tergantung di pesisir pantai dan mengharapkan bantuan untuk dapat pulang.

Mulai dari awal film sampai akhir saya selalu dibuat takjub oleh latar suara film yang selalu berhasil membuat Dunkirk semakin nyata dan menegangkan, pemilihan suara-suaranya sangat bagus dan pas sekali penempatannya, suasana perang yang di gambarkan begitu nyata dan tidak terasa berlebihan, karena terkadang film perang yang saya saksikan terkadang efek bom dan lain-lainya cukup berlebihan, tetapi tidak dengan Dunkirk. Di film ini ada adegan yang saya suka yaitu ketika terjadi kejar mengejar pesawat tempur, karena Nolan sangat berhasil menciptakan view seorang pilot pesawat tempur dengan berbagai manuver, dan bagaimana cara Nolan menyambungkam setiap cerita sangat unik, sehingga tiba-tiba saya baru tersadar bahwa alur ceritanya maju-mundur.

Aktor yang bermain di Dunkirk beberapa merupakan aktor yang sudah langganan bermain di film-film Christopher Nolan sebelumnya, seperti Tom Hardy & Cillian Murphy. Ada pendatang baru di dunia perfilman yang ikut meramaikan Dunkirk salah satunya Harry Styles, yang merupakan mantan personel boyband One Direction, selain Harry ada juga Fion Whitehead yang akting tidak kalah menjanjikan dan sangat natural, dan Dunkirk merupakan film perdananya di kancah perfilman dunia.

Secara garis besar Dunkirk sangat sukses mengambarkan penjuangan para pejuang yang bertahan  selamat dari desakan musuh dan menunggu datangnya bantuan untuk menjemputnya kembali ke rumah, apabila saya bandingkan dengan film yang bergenre sama mungkin Dunkirk bisa di sandingkan dengan film Saving Private Ryan yang menurut saya sangat bagus, saya sangat suka keseluruhan filmnya dan Christopher Nolan tetap menjadi sutradara kesukaan saya atas karyanya yang jempolan ini, jadi jangan ragu lagi untuk nonton Dunkirk yah. Selamat menonton.

Survival Is Victory.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s