Waktu Bermain dengan Anak

Terkadang saya…..hhmmmm seringnya berangkat kerja di saat anak-anak masih tertidur lelap, dan belum pulang ke rumah di saat senja. Sangat tidak memungkinkan untuk bermain dengan anak di hari kerja, jadi hanya di akhir pekan saya dapat meluangkan waktu secara penuh terkadang harus dibantu secangkir kopi hitam agar tetap melek nemenin anak bermain.

Beberapa bulan belakangan ini saya selalu mencoba mencari permainan yang bukan hanya menyenangkan tetapi juga melatih kreativitas dan kecerdasaan anak saya. Karena menurut saya apabila hanya sekedar bermain tanpa di selipi pengetahuan atau manfaat akan sangat di sayangkan. Jadi ada beberapa permainan yang sudah saya lakukan bersama anak saya, siapa tahu kamu bisa mencobanya bersama anak atau keponakan dirumah.

Family Tree Project

Saya membuat pohon keluarga karena ketika saya bertanya nama Pakde kepada Kaina anak saya, dia berfikir keras karena lupa lalu mengelengkan kepala. Lalu dengan semangat 45 saya langsung berfikir untuk melakukan project pohon keluarga. Segera saya kumpulkan foto-foto keluarga terdekat saya dan membeli karton warna hijau dan coklat untuk membuat pohonnya, dan di saat membuat ini saya langsung dibantu Kaina agar berharap dia dapat langsung melihat dan mengenali keluarga terdekatnya. Dan berikutlah hasil karya project saya dan kaina, setelah selesai saya memperkenalkan kembali setiap anggota keluarga ke Kaina, mulai dari eyang, mbah, pakde, bude, om, tante. Lalu saya tanyakan kembali ke Kaina nama masing-masing foto yang berada di pohon tersebut, dan hasilnya dia sekarang mulai hafal siapa saudara terdekatnya. Senangnya 😁.

Alfabet Project

Saya terfikir untuk permainan ini karena saya melihat kaina sudah mulai bosan dengan permainan seperti bermain boneka atau masak memasak atau bermain lego, kenapa tidal sekalian saja mengajarkan kaina untuk mengenal abjad sehingga dia nanti tidak kaget ketika di ajarkan di TK, syukur-syukur bisa langsung membaca setelah di kenalkan abjad ini. Saya hanya membutuhkan sterofom, spidol, kertas karton, dan jarum khusus sterofom untuk menempelkan huruf abjad nya. Berikut lah penampakan nya. Kaina senang sekali ketika membantu saya membuat dan dia selalu semangat apabila di ajak bermain abjad.

Coloring & Painting Project

Saya dan maming selalu ingin otak kanan (kreativitas) anak kita lebih dominan dibanding otak kiri karena menurut kami ketika perasaingan semakin ketat di dunia ini, sangat di butuhkan orang-orang kreatif yang selalu menemukan jalan untuk berkarya. Jadi salah satu cara untuk melatih otak kanan ini saya mencoba membelikan kaina coloring books yang gambar  karakternya sesuai yang Kaina suka, setiap malam sebelum tidur ketika akhir pekan saya selalu menemani kaina untuk mewarnai walaupun satu gambar saja baru selesai dengan kesabaran beberapa malam karena harus di sesuaikan dengan mood Kaina, tetapi setelah selesai satu gambar full color…rasanya tuh senang banget 😁. Untuk latihan painting dengan cat air, saya waktu itu membelikan Kaina tas dengan gambar frozen kesukaannya, dan saya beri kebebasan Kaina untuk mewarnai sesukannya di tas tersebut, walaupun tasnya jadi abstrak haha, tapi saya senang. Dengan cara seperti ini saya yakin pasti akan ada peningkatan kinerja otak kanan dari anak saya. Pasti.

Jadi menurut saya setiap permainan yang dilakukan oleh anak, pasti menentukan kreativitas dan karakter si anak. Sudah kamu bermain dengan anakmu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s