Membuat Paspor 2017

Di 2017 kebetulan outing di kantor saya agak mevvah sedikit nih, yup halan-halan ke negri sebrang malaysia. Jadi saya terpaksa harus membuat paspor agar bisa ikut, lalu apakah membuat paspor masih serumit cerita-cerita orang dahulu kala?yang sampai bela-belain antri dari subuh, bagi yang nggak mau repot dan nggak mau susah biasanya melalui calo paspor yang harganya jauh lebih mahal. Ternyata sekarang sudah tersedia aplikasi antrian paspor online yang bisa di unduh dari playstore, melalui smartphone loh, canggih kan sekarang, walaupun pengaplikasiannya baru hanya di kantor imigrasi jakarta selatan yang di warung buncit.

Mau tau caranya? Berikut langkah-langkahnya:

Unduh terlebih dahulu aplikasinya di playstore untuk smartphone android.

Setelah itu daftarkan diri apabila memang belum terdaftar, tampilan halaman utamanya seperti berikut.

Setelah daftar mengkonfirmasi akun, tampilan dalam aplikasi nya seperti berikut, apabila ingin membuat jadwal untuk pembuatan paspor dapat langsung pilih kantor imigrasi jakarta selatan, karena memang baru di aplikasikan hanya di kantor tersebut.

Setelah memilih kantor imigrasi maka akan muncul tampilan berikut yang mengharuskan kita untuk mengisi jadwal yang kita inginkan, apabila quota sudah penuh maka otomatis tidak tampil ketersediaan quota yang tersisa untuk tanggal tersebut, kita dapat memilih tanggal yang lain sampai muncul quota yang masih tersedia.

Setelah kita memilih jadwal yang sesuai dengan kebutuhan kita, maka kita diharuskan mengisi data pemohon sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya seperti gambar di bawah ini

Setelah itu baru kita dapat menyelesaikan pemesanan jadwal, nanti kita akan mendapatkan barcode yang digunakan pada kedatangan di hari jadwal yang sudah kita pesan.

Selain itu kita akan mendapatkan email notifikasi terkait pemesanan jadwal kita.

Setelah semua selesai, cukup di pastikan kita membawa berkas yang di berkas yang di butuhkan yaitu:

  1. Kartu Keluarga (Asli & Fotocopy A4)
  2. Ijazah (Asli & Fotocopy A4)
  3. Akta lahir (Asli & Fotocopy A4)
  4. Buku Nikah (optional)
  5. E-KTP (Asli & Fotocopy A4), fotocopy ktpnya jangan di gunting kecil.
  6. Surat keterang dari Kantor (optional)

Pengalaman saya hanya butuh 10-15 menit untuk membuat Paspor plus mengisi form terlebih dahulu di imigrasi jakarta selatan, mudah dan tidak repot kan?. Ini untuk kali pertama saya berurusan dengan birokrasi selesai dengan sangat mudah dan cepat, salut dengan perubahan pihak imigrasi.

7 thoughts on “Membuat Paspor 2017

  1. Udah lama pengen bikin paspor tapi belum kesampean gara2 takut ngantrinya lama. Tapi bisa dicoba nih download aplikasi buat ngantrinya, kebetulan saya juga deket ke Kantor Imigrasi Jaksel.

  2. Udah lama pengen bikin paspor tapi belum kesampean gara2 takut ngantrinya lama. Tapi bisa dicoba nih download aplikasi buat ngantrinya, kebetulan saya juga deket ke Kantor Imigrasi Jaksel.

  3. Pingback: Pusing-Pusing Ke Malaysia | roburik or romulus ?

  4. Kak mau tanya,
    Apakah bukti cetak elektronik dikirimkan ke email pengguna saat setelah mendapat tgl antrian?
    Krn sy sudah mendapat tgl antrian, & krg lebih 2 minggu stlh mendapatakan jadwal namun ta kunjung mendapatkan email bukti cetak elektronik..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s