Jane Austen

Seperti kebanyakan orang pada umumnya saya jatuh hati dengan karya Jane Austen tentu saja melalui karya masterpiece nya yaitu Pride & Prejudice, pertama mendengar judul novel tersebut di saat saya menonton film You’ve Got Mail, film romcom antara dua orang yang bersaing dalam sebuah bisnis toko buku yang di perankan oleh Tom Hanks & Meg Ryan, dalam film tersebut selalu diceritakan bahwa sang wanita sangat tergila-gila dengan novel Pride & Prejudice sehingga selalu membawa dan membacanya berulang-ulang, tetapi di saat itu saya belum tertarik untuk membeli novelnya, bahkan ketika sudah menonton film adaptasi Pride & Prejudice saya juga enggan untuk membaca novelnya, semua berubah ketika smartphone saya rusak dan sangat menjenuhkan ketika sedang di perjalanan tidak ada smartphone, dan mulailah saya mencari novel-novel untuk menemani saya di perjalanan, dan novel pilihan saya pertama tentu saja jatuh pada Pride & Prejudice karena sudah sekian lama tahu melalui film tetapi belum pernah melihat karya tulisan Jane Austen secara langsung. 

Dari empat novel karya Jane Austen yang saya miliki, menurut saya Pride & Prejudice yang paling saya suka secara segi cerita dan karakternya, walaupun karya yang lainnya juga patut untuk di baca. Di Pride & Prejudice menunjukkan sebuah romansa klasik yang apabila diringkas dalam satu kalimat pendek “Dari benci menjadi cinta”, Jane Austen berhasil dengan sangat baik menggambarkan sifat manusia dengan bahasa yang sangat cerdas dan menceritakan alur kisahnya dengan sangat elegan dan menarik sehingga ketika saya membacanya pun tidak menjenuhkan, dan dengan sangat detail menggambarkan suasana kastil-kastil megah di inggris, yang tentunya bikin mupeng dan membuat saya ingin pergi ke inggris. Bahkan hebat nya Jane Austen dapat membuat pembacanya jatuh hati dengan karakter Mr Darcy yang angkuh, sombong, dingin, sekaligus misterius. Benar nggak wanita menyukai lelaki yang misterius?

Sense & Sensibility merupakan karya Jane Austen yang saya suka setelah Pride & Prejudice, novel ini merupakan novel pertama yang di rilis oleh Jane Austen. Di novel ini menceritakan dua saudara perempuan yang mempunyai karakter berbeda, yang satu sangat mengutamakan akal sehat dan yang satu selalu mengedepankan perasaan, kedua wanita tersebut sama-sama mengalami kegagalan cinta yang sangat membuat mereka terpuruk tetapi ternyata di balik keterpurukan tersebut ada cinta yang berada selalu di dekat mereka dan tidak terlihat oleh mereka berdua. Terkadang cinta berada di dekat kita tetapi karena kita tidak membuka mata, maka cinta itu tidak terlihat. Kamu pernah ngalamin tidak melihat cinta di dekatmu? 

Persuasion masuk diurutan berikutnya, di novel ini menceritakan kisah cinta pemuda pemudi di kala muda yang tidak di setujui keluarga karena sang lelaki tidak memiliki harta yang cukup di mata keluarga perempuan untuk mempersunting kekasihnya. Tetapi takdir berkata lain, mereka di pertemukan kembali setelah sekian tahun berlalu dan memunculkan memori yang dahulu pernah ada, dan tentunya sang lelaki sudah mapan, tetapi apakah hati sang lelaki masih bisa menerima sang kekasih terdahulu ketika mengingat dahulu cintanya di tolak oleh keluarganya. Pernah nggak mengalami seperti kejadian di novel ini? Di tentang oleh keluarga kekasih kita karena masalah harta atau kemapanan.

Mansfield Park menjadi urutan terakhir dalam list saya, bukan berarti tidak bagus tetapi hanya karena masalah selera saja. Novel ini menceritakan seorang wanita yang secara kasta jauh berada dibawah dengan lelaki yang dia idamkan, tetapi dikarenakan frekuensi pertemuan dan kelembutan hati sang wanita, sang lelaki akhirnya dapat merasakan getaran hati sang wanita walaupun secara kasta mereka berbeda tetapi tidak menghalangi mereka untuk dapat menjadi sepasang kekasih yang dapat hidup bahagia.
Kangen nggak sama karya-karya klasik, novel dari Jane Austen mungkin bisa menjadi alternatif untuk di baca. Selamat membaca.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s