Eka Kurniawan

Eka Kurniawan merupakan novelis favorit saya dari sekian banyak novelis indonesia. Saya pertama kali membaca novel karya Eka yang berjudul “Lelaki Harimau”, langsung di saat itu juga saya putuskan dan niatkan untuk mengumpulkan semua karya dari Eka Kurniawan. Kenapa saya langsung dapat mengambil keputusan tersebut, karena pada saat saya membaca novel lelaki harimau saya seperti menemukan seorang novelis yang sesuai dengan selera pikiran saya, pemilihan kata-kata nya sangat saya suka, walaupun terkadang terdengar vulgar tetapi Eka dapat membuat pembaca berfikir kata-kata tersebut memang tepat untuk menggambarkan dari keadaan yang ingin di ceritakan, permainan alur dan plot yang terkadang maju mundur sehingga tidak membosankan, bahkan di beberapa novel nya benda mati dapat bercerita dan mempunyai karakter di dalam karyanya, daya imajinasi Eka yang sangat tinggi dan tidak terbatas yang membuat saya gembira bahwa indonesia memiliki novelis yang sangat patut untuk di hargai karyanya.

Novel berjudul Cantik Itu Luka (Beatuy Is Wound), Lelaki Harimau (Man Tiger), & Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas (Love & Vengeance) , merupakan hasil karya Eka yang sudah di terjemahkan ke berbagai negara di dunia dan sangat mendapatkan apresiasi sangat bagus oleh masyarakat pecinta literatur dunia.

Saya jadi ingat pernah di beri kesempatan berinteraksi dengan Eka melalui twitter melalui akun Ijakarta_id, yang kebetulan Eka menjadi tamu dan bagi yang ingin bertanya dengannya melalui tweet dan langsung di jawab oleha Eka melalui akun tersebut, hanya sekedar info Eka tidak mempunyai akun social media. Saya bertanya hal simpel bagaimana seorang pemula yang ingin menulis novel ingin menggunakan alur maju mundur dari ceritanya, dan saya mendapatkan jawaban yang sangat bagus dari Eka, “Seperti belajar mobil, belajar maju dulu saja. setelah lancar, coba belajar mundur :p”, saya langsung merenung sambil tertawa, dalam hal apapun apabila ingin mahir sesuatu yang rumit, belajar lah dari sesuatu yang mudah terlebih dahulu.

Karena penasaran dengan akhir cerita setiap novel Eka yang selalu berakhir tragis dan mencengangkan, saya iseng bertanya kenapa tidak pernah happy ending setiap novelnya, lalu dengan santai Eka menjawab dengan narasi cerita yang berakhir bahagia, tetapi sayangnya tidak di tulis :)) . Saya langsung tersadar sebuah novel adalah cerita yang di inginkan penulis jadi mau akhir yang bahagia atau tragis atau menggantung sekalipun terserah penulisnya, pembaca hanya bisa menikmati dan menerima keadaan hehe.

Mungkin dengan membaca novel karya Eka menjadi salah satu triger saya untuk mencoba menulis atau paling tidak belajar bagaimana cara menulis yang baik. Dan seperti pesan Eka kepada pemula seperti saya yang ingin mencoba menulis, apabila kita ingin menguasai suatu keahlian mulai lah belajar dari yang termudah dan mulai membiasakan nya sehingga kita dapat menjadi sangat mahir dengan keahlian tersebut.

Dari semua karya Eka, saya sangat suka dengan novelnya yang berjudul “Seperti Dendam Rindu Harus di Bayar Tuntas”  karena mulai dari konflik dan alurnya sangat diluar pemikiran yang umum dan saya sempat terheran-heran pada saat paragraf pertama yang saya baca di novel tersebut…sangat vulgar dan mencengangkan, membuat saya pribadi penasaran dengan cerita dari keseluruhannya.
Apabila sosok Eka Kurniawan bisa saya rangkum dalam satu kalimat mungkin akan seperti ini.

“Seorang penulis dengan daya imajinasi yang liar dan tidak terbatas, dengan pemilihan bahasa yang terkadang vulgar tetapi sangat seksi untuk di baca, dan selalu mempunyai cerita yang out of the box.”

Bagi yang belum pernah membaca karya nya, tengoklah salah satu karya nya karena memang  sangat disayangkan untuk dilewatkan, untuk informasi tambahan untuk novel Lelaki Harimau pernah masuk nominasi Man Booker Prize 2016.

Kalo kamu siapa novelis favoritnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s